Saturday, May 20, 2017

OS Ulasan 1: Apakah komputer quantum akan menjadi akhir untuk enkripsi RSA?

Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas sebuah video menarik berjudul "Will Quantum Computers break encryption?". Video ini berdurasi 15 menit 44 detik ini dibuat oleh channel Frame of Essence dapat dilihat disini: https://www.youtube.com/watch?v=6H_9l9N3IXU video ini di rilis pada tanggal 5 april 2017 dan sudah ditonton lebih dari 10 ribu kali.

Video ini dimulai dengan membahas bagaimana enkripsi RSA yang dipakai secara umum bekerja, dimana server memiliki sebuah private key yang hanya diketahui oleh server untuk membuat public key. Public key ini lalu dikirimkan ke klien agar klien bisa mengenkripsi informasi yang akan dikirim ke server, klien pun lalu membuat key nya sendiri dan mengirimkan key tersebut ke server dalam bentuk terenkripsi, server lalu memiliki key klien dan dapat mengenkripsi informasi yang akan dikirimkan ke klien selanjutnya. Sistem RSA memastikan bahwa hanya yang memiliki private key yang bisa mendekripsi informasi yang di enkripsi menggunakan public key, dan dengan suatu private key komputer dapat membuat public key yang akan disebarkan, dan untuk mencari private key yang membuat suatu public key dibutuhkan komputasi yang sangat cepat agar dapat menemukannya, kemampuan komputasi yang belum ada hingga sekarang. Akan tetapi, komputer quantum dapat melakukan komputasi tersebut dengan sangat cepat menggunakan shor's algorithm, algoritma yang tidak bisa dilakukan oleh komputer klasik. Maka dari itu, enkripsi RSA yang menjadi standar terancam oleh komputer quantum.

Akan tetapi, komputer quantum membuka potensi untuk enkripsi baru menggunakan quantum cryptography, dimana informasi dikirim melalui jaringan quantum dan enkripsi informasi dilakukan menggunakan Qubits, bit unik yang mampu menyimpan informasi 1, 0, atau 1 dan 0 sekaligus berdasarkan hukum mekanika quantum. Sejauh ini, sudah ada 2 tipe jaringan quantum yang bisa digunakan, yaitu protokol BB84 dan protokol E91. Mekanisme tersebut mengenkripsikan key dalam qubits sehingga tidak ada pihak tidak berwenang yang mampu mengetahui apa itu key nya, karena dalam hukum mekanika quantum, qubits tidak dapat di duplikasi sebelum melakukan pembacaan, dan ketika sudah dibaca, maka informasi dalam qubits akan terkompromi. Hanya klien dan server saja yang dapat berkomunikasi melalui qubits tersebut. Pada akhir video, pembuat mengutarakan pendapatnya dimana komputer quantum bisa merusak enkripsi yang sudah ada, akan tetapi bisa juga membuka potensi potensi baru untuk teknologi komputasi yang jauh lebih canggih dan lebih cepat dari yang dapat kita bayangkan.

Setelah melihat video tersebut, saya sebagai penonton bisa mengetahui cara kerja enkripsi yang sudah ada secara garis besar, dan mengetahui bagaimana enkripsi yang ada disebut aman karena belum ada komputer yang mampu melakukan komputasi untuk merusak enkripsinya dalam waktu sebelum kunci-kunci pada enkripsinya tergantikan lagi. Namun, dengan adanya komputer quantum, enkripsi tersebut dapat terancam karena komputer quantum mampu melaksanakan kalkulasi dengan sangat cepat, Namun, para peneliti pun datang dengan solusi baru untuk mengatasi hal tersebut, menggunakan komputer quantum untuk menciptakan enkripsi baru yang tidak terbayang untuk dilakukan dengan komputasi yang ada sekarang. Hal tersebut membuat saya sangat tertarik untuk menghadapi masa depan, mengingat komputer quantum bukan hanya sekedar teori saja, melainkan sudah ada beberapa komputer quantum yang dibuat oleh Google, NASA, dan IBM, bahkan IBM membuka akses komputer quantumnya melalui IBM Quantum Experience, sehingga sekarang publik bisa ikut bermain-main dengan logika komputasi quantum melalui aplikasi IBM, hal tersebut disebutkan pada akhir video dimana pembuat video bercanda bahwa "intro" dari videonya sudah kadaluarsa karena IBM baru saja merilis IBM Quantum Experience. Secara garis besar, menonton video tersebut memperluas pengetahuan saya, baik dari segi enkripsi, maupun segi komputasi quantum, dan video tersebut memperluas pengetahuan saya tanpa membuat saya bosan.


Github: https://github.com/dharmawankenny (dharmawankenny)
URL Ulasan: http://os171-krd.blogspot.co.id/2017/05/os-ulasan-1-apakah-komputer-quantum.html
URL Video: https://www.youtube.com/watch?v=6H_9l9N3IXU (15:44)
Video Author: Frame of Essence
Pemetaan: week02
Tanggal Submisi Revisi Pertama: 20 May 2017.
Tanggal Submisi Revisi Terakhir: 20 May 2017.

No comments:

Post a Comment

RANKING10 ULASAN PESERTA OS 2017-1

----------------------------------------- RANKING10 ULASAN PESERTA OS 2017-1 ----------------------------------------- 01. [W10-021...