Saturday, May 20, 2017

OS Ulasan 2: Intel Optane? apasih teknologi baru ini.

Untuk ulasan kedua, kita akan melihat video berjudul "What is Intel Optane?", sebuah video buatan channel Techquickie, yang merupakan anak dari channel Linus Tech Tips, buatan Linus Sebastian. Video tersebut berdurasi 8 menit dan telah ditonton lebih dari 280 ribu kali semenjak dirilis pada tanggal 2 mei 2017.

Video ini dimulai dengan mengetahui bahwa teknologi SSD yang sudah ada dibuat dengan menggunakan NAND flash memory untuk menyimpan data, teknologi yang sudah ada 1 dekade tersebut di masa depan akan menyebabkan terjadinya bottleneck dalam performa. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Intel memperkenalkan Intel Optane, menggunakan teknologi penyimpanan data baru bernama 3D XPoint. Meskipun secara detail cara kerjanya masih dirahasiakan, Intel Optane mampu memberikan latensi sangat rendah, menyebabkan akses file yang sangat cepat, dan memiliki ketebalan data yang lebih tinggi dari RAM, menyebabkan kapasitas besar dalam ukuran kecil. Kedua hal tersebut membuat Intel Optane mampu dibuat sebagai RAM ataupun Storage (SSD/HDD).

Dengan teknologi baru tersebut, Intel Optane menjadi teknologi storage tercepat yang pernah dibuat, mengalahkan teknologi tercepat sekarang, NAND SSD dalam semua penggunaan, termasuk penggunaan oleh orang-orang umum. Intel Optane juga memberikan performa yang stabil dan mampu memproses transaksi per detik lebih banyak daripada teknologi-teknologi storage yang sudah ada. Intel Optane juga mampu digunakan sebagai RAM, menjadikan alternatif untuk komputasi yang membutuhkan memory yang banyak. Dengan kemampuan-kemampuan tersebut, Intel Optane mampu mempercepat performa komputasi yang ada, baik untuk server, untuk komputasi ilmiah, dan untuk komputasi sehari-hari.

Setelah melihat video ini, sebagai penonton saya mendapatkan pengetahuan baru tentang teknologi storage baru buatan Intel yang dapat mempercepat komputasi yang ada. Meskipun Intel belum merilis detail cara kerja teknologi tersebut karena masih menjadi rahasia mereka, performa Intel Optane patut dipuji dan terus dipantau karena dapat merevolusi teknologi penyimpanan data. Seperti video-video lainnya karya Linus Sebastian, video ini mampu menghibur saya seraya memberikan saya ilmu baru, membuat saya mempelajari berita teknologi terbaru, yang seharusnya membosankan, menjadi menyenangkan dan sedikit adiktif untuk mempelajari hal-hal lainnya.


Github: https://github.com/dharmawankenny (dharmawankenny)
URL Ulasan: http://os171-krd.blogspot.com/2017/05/os-ulasan-2-intel-optane-apasih.html
URL Video: https://www.youtube.com/watch?v=WwH5Q8ZFJvw (08:00)
Video Author: Techquickie - Linus Sebastian
Pemetaan: week09
Tanggal Submisi Revisi Pertama: 20 May 2017.
Tanggal Submisi Revisi Terakhir: 20 May 2017.

No comments:

Post a Comment

RANKING10 ULASAN PESERTA OS 2017-1

----------------------------------------- RANKING10 ULASAN PESERTA OS 2017-1 ----------------------------------------- 01. [W10-021...